Headlines News :
Home » , » Virus Komputer

Virus Komputer

Diposkan Oleh Muhammad Zaki on Minggu, 09 September 2012 | 05.38

Asal Usul Virus Komputer

Asal mulanya, virus komputer muncul pertama kali berbarengan dengan awal terciptanya komputer. Tahun 1949, John Von Newman, pencipta Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) memaparkan dalam makalahnya tentang kehadiran sebuah program yang bisa menyebar sendiri. Lalu tahun 1960, para peneliti di AT & T Laboratory sering main game dengan menggunakan program yang bisa memusnahkan program lain dan memperbaiki dirinya sendiri lalu menyerang balik lawannya. Dan pada tahun 1980, Fred Cohen, seorang peneliti dan asisten profesor di Universitas Cincinati, Ohio, memaparkan adanya perang virus secara terbuka. Dia juga mendemontrasikan virus ciptaannya yang bisa menyebar dengan cepat pada beberapa kompuer yang terhubung. Inilah cikal bakal penularan virus antar komputer di seluruh dunia.
Selain virus, ada yang namanya malware alias malicious software. Suatu program yang dibuat untuk mengubah, merusak, dan mencuri data orang lain. Mari kita kenali dulu virus penyusup ini.
  1. Worm.
Worm alias cacing sifatnya seperti virus yang dengan cepat menyebar ke beberapa kompuer, menggandakan diri, lalu merusaknya. Biasanya worm dibuat untuk merusak sistem komputer dari jarak jauh (remote).
  1. Trojan.
Trojan alias kuda troya punya kemampuan menyusup melalui program umum, menggandakan diri, lalu menghancurkan komputer target.  Hebatnya trojan, dia bisa menyamar seperti program umum. Jadinya agak sulit dikenali.
  1. Backdoor.
Backdoor adalah jenis program yang menyerang sistem komputer dengan memberikan hak akses pada pihak luar agar dapat menjalankan komputer target dari jarak jauh (remote).
  1. Spyware.
Program yang dibuat dengan tujun sebagai mata-mata. Program ini akan mengumpulkan dan mengirimkan informasi seperti pola pemakaian internet, kartu kredit, PIN e-banking, atau password suatu kun tanpa sepengetahuan pengguna komputer.
  1. Hijacker.
Hijacker berarti pembajak. Program ini akan membajak program lain pada sistem komputer seperti browser sehingga memiliki penambahan fungsi dan mengarahkan untuk mengakses situs tertentu.
  1. Wabbit.
Program ini jago kandang alias hanya menggandakan dirinya dengan cepat di komputer lokal. Akibatnya fatal. Komputer akan semakin melambat karena sumber daya (resource) banyak dipakai oleh wabbit.
  1. Keylogger.
Program yang dibuat dengan tujuan untuk mencatat setiap tekanan tombol pada keyboard. Sehingga seseorang bisa mengetahui username, password, dan berbagai informasi lain yang diinput dengan cara pengetikan.
  1. Dialer.
Program yang dapat menghubungkan komputer yang terhubung dengan internet dengan situs tertentu yang merugikan korban melalui dial up telepon. Bahkan program ini bisa mengganti nomor penyedia layanan internet yang biasa dihubungi dengan nomor penyedia layanan internet lain, biasanya nomor jarak jauh atau luar negeri. Akibatnya, tagihan telepon bakal membengkak.

Itulah beberapa virus komputer yang sering membuat kita kesal. Apalagi kalau ada data yang sangat penting belum sempat di backup, hilang dan memaksa kita kerja dua kali tentu tak mengenakkan bukan ?. Maka itu mari kita kenali gejala aneh di komputer kita. Siapa tahu virus penyusup sudah masuk ke sistem komputer kita,

Catatan:
Kenali Gejalanya.
Sangat penting  bagi kita semua yang sering menggunakan komputer untuk mengenal gejala-gejala aneh yang menunjukkan something wrong dengan komputer yang sedang kita pakai. Berikut diantaranya:
  1. Booting windows lambat
Biasanya virus bersarang dalam program Startup (program yang jalan ketika windows jalan). Sehingga, windows yang sedang loading akan menjalankan virus saat booting.
  1. Komputer berjalan lambat
Virus yang sedang menyerang komputer akan menghabiskan memory atau kapasitas harddisk pada komputer. Sehingga windows akan kekurangan memory untuk melakukan proses secara normal.
  1. Menu folder option hilang.
Virus akan menghilangkan submenu Folder Option yang terdapat di Windows Explorer >> Tools. Agar pengguna tidak dapat dengan mudah mengetahui file-file mana saja yang sudah terinfeksi.
  1. Tidak dapat menampilkan task manager.
Virus berusaha memblok task manager yang bisa ditampilkan dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del agar proses yang dia jalankan tidak dapat diketahui lalu dihentikan.
  1. Muncul file yang menyerupai folder yang sudah ada.
Ada oknum virus yang menyamar menjadi ikon folder dengan ekstensi yang berbeda jika kita liat dengan windows explorer. Folder yang asli disembunyikan. Ciri file yang terinfeksi,  ikon folder akan terlihat ukuran filenya (seharusnya file folder tidak terlihat ukuran filenya).

Bagikan Artikel Ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AL-IKHWAN17 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger