Headlines News :
Home » , » Bahasa Asli Eropa Terancam Punah di Internet

Bahasa Asli Eropa Terancam Punah di Internet

Diposkan Oleh Muhammad Zaki on Jumat, 05 Oktober 2012 | 23.26

Beruntunglah kita menjadi orang Indonesia, sebab bahasa Indonesia tergolong bahasa yang terbanyak digunakan di dunia maya. Semakin banyak pengguna internet dari Indonesia, maka makin sering pula bahasa Indonesia hadir secara online. Artinya, bahasa kita tidak akan punah.
 
Sebuah studi teranyar memperingatkan bahwa bahasa-bahasa asli bangsa Eropa justru semakin langka dijumpai di dunia maya. Bahan perlahan-lahan mulai hilang.  Bahasa asli Eropa yang dimaksud adalah bahasa bangsa Islandia, Latvia, Lithuania,  dan Malta, yang memang sudah sedikit penggunanya.

Bahasa-bahasa tersebut juga sangat jarang dipakai di internet. Hal ini dapat diketahui dari rendahnya penggunaan tool penerjemah bahasa online terhadap bahasa tersebut. Bahkan bahasa Belanda, Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol juga mulai dalam bahaya kelangkaan, jika dilihat dari penggunaan teknologi speech-to-text  .

Studi bertajuk “Europe’s Languages in the Digital Age,” ini diadakan oleh META-NET, sebuah lembaga nonprofit Eropa yang meneliti masa depan setidaknya 30 bahasa dari 80 bahasa asli Eropa. Mereka mengamati penggunaan peranti lunak penganalisa bahasa, termasuk pemeriksa grammar dan ejaan, asisten virtual personal seperti Siri pada iPhone, penerjemah online seperti Google Translate dan sistem navigasi mobil, untuk mengetahui bahasa apa saja yang dipakai di Eropa. Ternyata sejumlah bahasa yang disebutkan tadi sudah kian jarang digunakan, tergantikan oleh bahasa Inggris. 
 
Sumber : ICT Watch/Technewsdaily
Bagikan Artikel Ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AL-IKHWAN17 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger